Minggu, 31 Maret 2013

Sebuah Kisah, Sebuah Takdir


Sesuatu yang ga pernah kita pesen, tapi selalu dateng tepat waktu dan pastinya tepat sasaran. Itu kira-kira namanya takdir. Takdir ga pernah bisa ditampik. 

Takdir akan dateng dimanapun, kapanpun dan sama siapapun. Tapi sayangnya takdir itu ga bisa digebahkeun da lain hayam :(

Eh tapi pernah mikirin ga sih kalo takdir itu selalu berhubungan dengan apa yang terjadi dimasa lalu. Hari ini sama masa lalu tuh sadar ga sadar selalu berkaitan loh. Berkaitan sangat erat.

Misalnya gini: Dulu, saya sempet sangat nyesel kenapa saya masuk jurusan ini. Saya sempet misuh-misuh dan kepikiran untuk pindah jurusan bahkan pindah kampus waktu memasuki semester 2. Saya pernah sangat meneysali kenapa jurusan DKV ga saya ambil. Tapi lama kelamaan saya jadi keinget tentang zaman SD.

Waktu SD, saya suka banget sama dunia tulis menulis. Saya sering nulis cerita dikertas binder dan suka kebaca sama bapak saya. Apa aja saya tulis. Tapi kebanyakan tentang imajinasi dan dunia dongeng. Terus saya juga sempet dikasih reward sama guru (masih waktu SD) pas dipelajaran bahasa Indonesia. Saya masih inget, dulu pak guru nyuruh kami buat ngelanjutin ide pokok yang udah beliau tulis. Temanya tentang hutan. Hari itu pak guru keliling kelas buat ngecek tulisan anak-anak. Sampe akhirnya, buku catetan saya diambil beliau dan hasil tulisan saya ditulis dipapan tulis. Hari itu saya seneng banget. Jadi, siapa yang nyangka sekarang saya ada di jurusan pendidikan bahasa Indonesia yang selalu berhubungan dengan tulis menulis.

Itu satu. Kedua, misalnya tentang saya yang ternyata berjodoh sama seorang dosen yang sempet saya keki-in setengah edun gara-gara dia jarang masuk kelas. Temen-temen sekelas udah pada tau kalau saya rada sentimen sama dosen itu. Tapi kemudian suatu hal mencengangkan terjadi. Dosen yang saya keki-in itu ternyata jadi dosen pembimbing skripsi 1. JEDEEEEEER!!! Begitu tau itu, temen-temen saya sontak ngasih ucapan ‘selamat’ sama saya.

Saya sebel? Iya, pernah. Tapi da udah ada feeling juga sih bakal dapet dosen ini. Emang bener ya kata orang “tong kitu teuing, bisi jodo”. Yoi. Ternyata yang kejadian adalah: kita jodoh. Akhirnya dengan berat hati saya bimbingan sama dosen itu.

Diluar dugaan. Dosen satu ini beda banget kalo lagi di kelas sama di ruang dosen. Beda kontras. Diluar kelas beliau tuh ramah banget. Sangat bijaksana. Inspiratif. Ngasih sarannya juga seru. Saya jadi malu sendiri. Nyadar tentang hal ini saya jadi inget sama apa yang tertulis di Al-Qur’an:

“ … boleh jadi jadi kamu tidak menyukai sesuatu padahal itu baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu sangat menyukai suatu hal, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS.2:216)

Satu lagi. Beberapa tahun yang lalu saya sempet suka sama orang. Iya, sebut aja pernah jatuh cinta. Namanya juga orang jatuh cintrong logikanya kadang suka lumpuh. Meski udah pisah cukup lama, tapi masih aja kekeuh. Ya, cinta emang buta. Sama temen sih udah dipapatahan blablablabla dan saya masih aja kekeuh. Sampe akhirnya saya inget kutipan ayat tadi. Ternyata yang saya sukain itu, menurut Allah adalah bukan hal yang baik dan akhirnya berkat kata sakti itu sekarang saya sukses move on. Yeaaaah!!

Yup. That’s life.

Kembali ke takdir tadi. Lembar demi lembar takdir kita udah dipersiapkan dengan matang. Udah dimasukin ‘amplop’ dan siap menghampiri kita semua. Siap ga siap harus siap.

Bukankah hidup kita ini nyata? Bukan FTV dan bukan main lagi game yang bisa di pause atau di restart.

Jika takdir itu berat, bukankah disetiap kesulitan itu ada kemudahan?



Sekian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar