Selasa, 06 September 2016

Cerita Lahiran

Merinda Solikhah is officially a mom!

Alhamdulillah, 24 Mei 2016 jam 11.55 yang lalu saya berhasil melewati proses persalinan secara normal setelah malalui drama pilu kontraksi selama 20 jam, akhirnya pas iqomat dzuhur putra pertama saya lahir ke dunia.  Ternyata sakit luar biasa pas melahirkan itu bukan mitos belaka, dan refleks aja itu langsung inget pengorbanan mamah waktu ngelahirin saya. Sekarang giliran saya yang ngerasain. Lahirannya labih satu hari dari HPL (hari perkiraan lahir), perkiraan sih tanggal 23 Mei kebetulan bertepatan sama setahun pernikahan kami. Oh iya namanya Ghazi Khairan Azfar, artinya pejuang yang berjaya dengan kebaikan. Panggil aja dia Ghazi. Panjang lahirnya 48cm dan berat 2,4kg.



Gimana kegiatan selama jadi ibu?
Hari pertama jadi ibu, bingung gimana caranya nenenin. Hahah pas pertama diisep si bayi, HAHHAHA GELI! Terus bayinya suka resah gitu. Maklum, kita berdua masih harus membangun chemistry. Cie chemistry. Iya, dia belajar nenen, saya juga belajar nenenin. Jadi kita lagi sama-sama belajar. Karena hampir babyblues, akhirnya mama saya mutusin buat dioplos susunya sama sufor. Soalnya bingung juga ASI nya dikit, sedangkan pas lagi nenen dia suka tiba-tiba resah dan nangis histeris, dan saya pun kaweuuur :’)

Hari pertama juga ga bisa jongkok dan masih seneng pake sarung kemana-mana. Dan masih ngilu-ngilu juga karena habis dijait 10 jahitan, warbyazaaaaah. Kenapa sampe 10 jahitan? FYI, sebelum lahiran, pastikan sistem pencernaan kalian bagus dan BAB lancar, jadi rektumnya ga keluar. Nah, saya waktu mendekati hari lahiran suka males minum, pencernaan juga agak sere, walhasil saya dapet jahitan dideket saluran pembuang itu dan pas dijaitnya saya pun ngagoak karena sakitnya bukan kepalang. Nah karena ga bisa jongkok, 10 hari pertama pasca melahirkan saya ga bisa mandiin si bayi, jadi dia dimandiin sama neneknya. Lagian masih karagok juga karena bayinya belum puput (lepas ali pusar) jadi masih rada waswas takut bayinya kesakian.

Oh iya nyambung ke tadi yang belajar nenenindan dioplos sama sufor. Dua minggu Ghazi lahir dan pake sufor ternyata dia alergi sufor nih. Sampe mamaknya ini dimarahin dokter gegara makein dia susu selain ASI. Kata dokter ASI itu gimana sugesti, kalau kita mikirnya kurang yang ASI kita kurang, dan kalo mindset kita ASInya cukup insyaAllah cukup dan alhamdulillah semenjak Ghazi dibawa ke dokter dan dokternya nyuruh ASI eksklusif, ASInya Ghazi pun tercukupi. Ga kebanyakan dan gak kekurangan. FYI, ternyata jadi mamalia itu hareudang yes, tapi nikmat tiada taraaa.

Peran suami dalam menghadapi jadi ibu baru juga sangat penting, loh. Unungnya suami saya sangat bbisa diajak kerja sama. Bahkan dia yang lebih care sama Ghazi ketimbang emaknya, hehhee. Dia ngebelain ke pasar beli pumkin sama pepaya muda, terus direbus sendiri, terus dicekokin ke emaknya Ghazi ini. Dia juga udah cekatan banget gendong, gantiin popok, sama nidurin Ghazi. Chemsitry ayah dan anaknya udah dapet banget.

Apa aja sih hal-hal yang udah ga bisa dilakuin pas udah punya anak?
Hmmm... bukan ga bisa sih, lebih tepatnya mungkin harus udah tau diri aja kalau sekarang satusnya udah punya anak. Dulu waktu masih single, nikah, dan belum punya anak mungkin masih bisa ngider kemana-mana sendiri pulang sore dan tidur jam berapapun. Sekarang? Kalau mau pergi pastiin udah stok asi di botol. Pergi juga ga bisa lama karena ga enak juga sama yang ngurus takut bayinya rewel. Karena masih newbie juga jadi motherhood, jadi kerjaannya dilepas dulu aja, fokus ngurus anak. Pengen nyobain juga jadi mompreneur. Ah ternyata jadi ibu-ibu itu menyenangkan lho :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar