Selasa, 02 Agustus 2016

Jutawan Kresek



Beberapa bulan terakhir, dibeberapa swalayan atau minimarket kresek udah mulai berbayar. Ya, kresek sekarang dihargai dengan harga 200 perak, tujuannya mah cenah untuk mengurangi penggunaan plastik. Untuk hal ini saya sangat setuju 100%. Sebagai ibu rumah tangga, saya ngerasa kaya banget akan kresek dan si kresek-resek ini nyaris menuhin dapur saya samp dijadiin tempat ngumpet tikus. Kalau satu kresek dihargain 200perak, kayanya saya udah lumayan banyak duit nih dari hasil ngumpulin kresek.

Tempat yang paling banyak nyumbang kresek di rumah saya adalah pasar. Dari setiap pedagang dapet satu kresek, nah kalo abis belanja dari 10 pedagang kan bearti dapet 10 keresek. Dalam sebulan satu kresek gede tuh udah penuh sama kresek-kresek hasil dari belanja di pasar. Makanya nih saya sekarang mau diet kantong plastik. 

Jadi sekarang setiap saya belanja ke pasar, saya selalu bawa tas sendiri. Orang-orang sih nyebutnya ecobag. Tapi herannya kalo saya bilang “bu ga usah dikresekin, masukin ke sini aja (ke tas jinjing yang saya bawa)” ibu pedagangnya suka bilang “gak apa-apa, neng. Bawa aja”.  Lah si ibu, saya kan ceritanya mau ngurangin kresek. Eh tapi ada juga sih beberapa pedagang yang malah seneng saya minta ga usah dikresekin.

Waktu saya ngajar di sekolah dulu, saya sempet tuh jadi guru PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup). Secara materi sih mungkin amat sangat gampang. Tapi kalau soal beban moral, beuh... pelajaran ini cukup berat. Saya selalu bilang sama murid saya untuk ngebiasain cuci tangan yang bener sampe sela-sela jari. Terus jangan makan pake wadah styrofoam apalagi kalo makanannya panas, usahain pake helm kalau naik motor, dan biasain bawa kantong sendiri kalau belanja. Nah, kalau saya sendiri ngelanggar apa yang saya himbau ke anak-anak, rasanya kaya nampar diri sendiri atau aling ga ngasih diri sendiri kaca segede pintu masuk masjid istiqlal. Salah satunya ya himbauan bawa kantong reuseable ini kalau lagi belanja. 

Kesimpulannya apa ya? Ya intinya bawa kantong sendir aja kalau ke pasar, biar ga jadi jutawan kresek. Udah gitu aja. Tamat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar