Jumat, 13 Mei 2016

Nunggu Lahiran

Bismillah...

Minggu ini kandungan saya udah masuk 38 minggu. Wow, cepet banget ya. Udah lama ga nge-blog tau-tau udah mau punya anak aja. Mulai deg-degan nih gimana rasanya lahiran dan ketemu si buah hati yang katanya laki-laki. Entah bakalan mirip ibunya atau pun ayahnya, yang penting dia sehat, selamat, dan kelak jadi anak yang sholeh.

Apa aja yang kerasa selama hamil? Banyak!

Trimester 1
Di tiga bulan pertama ini, nikmat banget. Ternyata mual-mual itu bukan mitos, saya juga gitu mabok-mabokan bahkan pingsan-pingsanan. Tapi kalau orang lain mah morning-sickness lah kalau saya sih magrib-sickness karena mual-mualnya kalau udah magrib ke malem. Otomatis udah ga bisa makan kalau malem-malem. Paling ga suka nyium bau kaldu ayam ang pekat sama nasi. Wek! Tapi pernah juga sih siang-siang. Suatu hari saya lagi ke undangan tuh, dan kalap segala dimakan. Asli, makan kenyang tuh di kondangan temen. Tapi pas di perjalanan pulang saya langsung minta suami berhenti di pom bensin. Lalu, taraaaaa... saya masuk toilet dan muntahin semua yang tadi saya makan di kondangan. Bahkan makanan yang paling pertama saya makan ikut keluar.

Gimana soal ngidam? Kaya orang-orang saya juga ngidam, tapi antara ngidam sama loba kahayang (banyak maunya) emang tipis deh kayanya. Untung suami saya sabar, selama hamil saya ngidam seblak, mie ramen, sushi, fusili carbonara, pasta-pastaan, rujak, zupa-zupa, dan masih banyak lagi. Rewog ya? Ga juga sih, cuma emang pengen aja dan emang dihabisin. Pas udah tau hamil juga saya concern ngebatasin penggunaan makanan yang wadahnya pake styrofoam. Sangat dihindari banget.

Tahap trimester ini (bahkan sampai triester akhir) saya paling ga bisa masuk pasar tradisional. Bukan anti, malah saya paling suka belanja di pasar. Tapi ya tiap masuk pasar tradisional kan suka bau segala rupa, nah saya paling ga kuat. Masa baru masuk 10 menit udah kunang-kunang dan gedebru aja gitu pingsan di pasar. Ga elit ah!

Trimester 2
Trimester ini agak manusiawi lah ya. Udah ga mual-mual lagi kalau malem. Makan juga mulai enak. Cuma yang ga enaknya sih mulai sering sakit di sekitar paha. Sama, ini juga terjadi magrib menuju malem. Kaki juga kadang-kadang bengkak karena kelamaan duduk atau berdiri. Pingsan-pingsan dikit masih suka ada juga karena riwayat tensi darah juga istiqomah di 90-100.

Berat badan gimana? Normal lah, masuk 45 kilo. Berat badan terbaiks selama hidup di dunia, mengingat dari dulu suah amat mau nginjek 40 kilo juga. Di trimester 2 ini saya mulai nabung informasi seputar kehamilan, pantangan apa aja, dan pantangan yang paling saya ga suka adalah jauhan sama kopi dan mie instan. Rasanya kaya disuruh putus sama pacar pas lagi cinta-cintanya. Tapi demi utun, ibu rela naaak. Relaaaaaa...

Di awal trimester 2 juga saya ada masalah sama pencernaan. Saya ngalamin yang namanya ambeyen, dimana posisi anus keluar dari (maaf) lubang dubur dan itu asli BABnya susah dan sakiiiiiiiiiiiiiiiiiiit bangeeeeeeeeeeeet sampe ada drama mau duduk harus meringis dulu. Dari duduk ke berdiri harus ngeluarin tenaga dan nahan rasa sakit yang minta ampun. Ke toilet jadi sesuatu yang bener-bener saya hindari, karena kalau mau cebok aduh itu drama sakitnya warbyaza.

Itu dari segi fisik, dari segi psikologis di trimester 2 ini saya lumayan tergoncang. Karena harus bulak-balik rumah sakit nemenin bapak, sampai akhirnya bapak meninggal waktu usia kandungan saya baru 5 bulan. Bayang-bayang anak sendiri main sama kakeknya pun hilang. Bagian ini bisa dibilang bagian terberat selama hamil dan tentunya sepanjang perjalanan hidup saya. Jadi gini ya rasanya ditinggal orang tua? Asli, 1000 kali lebih sakit dari patah hati. Sampai hari ini 3 bulan ditinggal alhamarhum juga saya masih ga-bisa-ga-nangis kalau inget beliau. Banyak kewajiban yang belum saya tuntaskan sebagai anak. Hiks.

Trimester 3
Bagian paling menyenangkan di sini adalah waktu si utun nendang-nendang, apalagi kalau di jam-jam malem saya suka banget diusapin perut sama suami. Saya suka, utun juga suka. Jadi kaya ada semacam chemistry mungkin ya antara elusan tangan bapak sama anak di perut ibunya. Saya juga udah mulai ngurangin kegiatan soal kerjaan. Ke tempat kerja juga  setiap hari dianterin suami (berhubung pernah ada riwayat pas dibonceng suami, saya pingsan di perepatan lampu merah bypass soekarnohatta-oh toha, jadi ada kekhawatiran dari suami kalau saya bawa motor). Beli perlengakapan bayi sih dari pas pertengahan bulan ke 7. Dan printilan baju bayi itu mahil boooook.. tiga potong baju bayi aja bisa nyampe 70ribu.

Katanya sih kalau buat new born jangan terlalu beli banyak baju, karena pertumbuhannya juga cepet, jadi bakal cepe ga muat juga. Saya juga cuma nyetok kurang dari 2 lusin yang isinya pun cuma baju-baju rumah aja belum beli baju pergi. Yakali aja gitu ntar ada yang ngasih kado, hahahhaha... *smile evil*.

Ada perubahan fisik ga? Ada banget! Perut udah keliatan kaya bawa-bawa bola. Di tempat kerja pun suka mesem-mesem sendiri kalau murid-murid saya udah bilang “ih ibu perutnya udah makin gede, pengen ngelus ih!”. Kaki juga sempet tuh bengkak banget udah kaya kaki glonggongan. Sepatu ngedadak ga manusiawi buat di pake. Pas solat, duduk diantara dua sujud atau atahiyat itu kaya lagi negdudukin kaki gajah, gede banget.

Oh iya, pas BAB atau BAK juga jadi aneh. Jongkoknya jadi agak harus hati-hati dan dari jongkok ke berdiri juga harus pegangan ke bak, karena udah agak susah bangun. Dari posisi tiduran ke duduk/berdiri juga harus nyerong-nyerong dulu biar ga engap. Satu lagi, kamu bakalan ngerasain bahwa motong kuku dan pake kaos kaki di trimester 3 adalah perjuangan yang hakiki. Kenapa? Rasain aja nanti, hahhaha....

Yah begitulah fase-fase kehamilan saya. Saya ga terlalu moodwsing juga sih, paling emang pas hamil rasanya tuh lebih gampang cape dan pusing. Yang penting sih pola makannya teratur dan jangan sampai nunggu laper. Sarapan itu penting, serius! Buat wanita karier kaya saya sarapan pagi pas hamil itu wajib banget, bahkan sarapan jam stengah 7 aja pas nanti jam 9an udah laper lagi. Harus diinget juga, sekarang makan bukan cuma buat sendiri, tapi buat berdua.

Yang perlu digaris bawahi adalah jaga pola perilaku sama kata-kata kita selama hamil. Usahakan berperilaku sama bicara yang positif-positif aja. Kalau misalnya secara ga sadar kita ngedumel, banyak-banyakin juga istigfarnya, karena secara sadar ga sadar bayi yang ada di rahim kita menyerap apa yang ada di alam bawah sadar kita. Banyakin berdoa sama manja-manjaan sama suami aja, biar happy.

Oh iya, mohon doanya juga ya supaya lahiran saya lancar, sehat, dan selamat ibu dan bayinya. Waaah ga sabar nih nunggu fase baru punya anak :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar