Senin, 31 Desember 2012

Nyesuh Basa


Kaget baca lini masa kampus yang tulisannya gini….

“Kurikulum 2013 Bahasa Sunda/daerah dihapuskan dari matapelajaran sekolah”

Ebuset! Ga salah nih yang nyusun kurikulum? Menghapus kurikulum bahasa daerah berarti kelestariannya juga terancam dong ya? Jadi nanti Indonesia teh miskin budaya atau bahkan budaya bahasa Sundanya luntur? Terus nanti orang Sunda teh pada ga bisa basa Sunda? Atuh ga punya jati diri ari gitu mah. Kumaha ieu teh (-“-). Jadi bahasa Sundanya mau di 'seseuh'?

Saya emang orang Sunda yang ga terlalu fasih bahasa Sunda, tapi ko baca pernyataan itu rasanya miris banget ya. Sementara orang-orang bule berbondong-bondong belajar budaya kita, bahkan bule-bule itu ada yang bisa nembang sunda, main angklung dan nari jaipong. Sementara di negaranya sendiri, di tempat lahirnya sendiri, bahasa Sunda malah mau dihapuskan. Nah, sekolah itu kan tempat belajar dan tempat anak-anak menemukan hal ‘baru’ dan mengenal budaya dan negaranya sendiri, kalau ga ada bahasa Sunda nanti anak-anak belajar bahasa apa, bahasa Inggris?

Oke, kita mungkin cukup terperangah sama fenomena nilai bahasa Inggris lebih gede dibanding sama bahasa Sunda. Bahasa Inggris dapet 9, sementara bahasa Indonesia 7. Berarti kan bahasa asing menjadi dekat dan bahasa yang dekat menjadi jauh. Uuuuuuu~ ironis sekali yah, kawan.

Coba deh kita berkaca sama negara Jepang. Disana, budaya negaranya tuh terpelihara dengan sangat baik dan bahkan diagungkan. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Ketika turis asing datang ke negera Jepang, ya turis itu harus menyesuaikan dengan budaya di negara yang didatanginya, bukan yang ditamuin nyesuain sama budaya tamu. Dan itulah yang terjadi di Indonesia. Budaya di Indonesia tuh udah mengalami yang namanya Degradasi atau pergeseran, jadi jati dirinya luntur. Kalau jati diri luntur, nanti kan malu juga kalau ada yang bilang “masa orang Sunda ga bisa bahasa Sunda?”. Kan teu lucu oge. Isin atuh :(

Oh iya, pengajaran bahasa Sundanya sendiri juga kayanya harus ada yang dirubah deh. Dulu saya masih inget waktu masih SD tuh belajar bahasa Sunda yang ngaran kekembangan, ngaran anak sasatoan. Kalau ditanya perlu perlu tau sih, tapi kan ga harus terpaku terus sama belajar yang gitu. Kalau menurut saya sih lebih nerapin sama undak-usuk basa Sunda. Cukup susah loh undak-usuk basa Sunda, tuh. Gimana cara kita berkomunikasi sama yang sahandapeun, saantragan, sama yang saluhureun. Kan beda tuh cara ngomongnya juga. selain itu bahasa Sunda kan ga sama kaya bahasa Indonesia. Bahasa Sunda itu ada bahasa Lemes, Loma sama Kasar. Dan itu yang harus diterapkan di dunia pendidikan melalui pengajaran bahasa Sunda.

Yak, saya emang cuma bisa demo lewat tulisan ini aja. Rasanya sayang banget kalo bahasa Sunda dikurikulum (akan) dihapuskan. Miris.

Ya semoga aja para petinggi pendidikan sadar akan budaya sama pelestarian bahasa Sunda itu sendiri dengan tidak membunuh secara perlahan urang Sunda dengan peniadaan bahasa Sunda dalam kurikulum. 

Semoga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar