Kamis, 10 Oktober 2013

Balada Jobseeker

Kamis, 10 Oktober 2013
Jam 12:12am

Balada pengangguran. Ya, udah sekitar dua bulanan jadi beban negara. Emang sih, kemaren-kemaren lagi seneng-senengnya dengan euphoria “akhirnya sarjana juga”. Tapi ternyata punya title sarjana itu seketika jadi horror. Iya, horror. Gimana enggak, orang yang katanya ‘berpendidikan’ masa ga bisa nyari kerja. Masa masih jadi beban negara. Sesungguhnya gelar sarjana itu sendiri beban.

JEDER.

DALEM.

Ya namanya juga balada pengangguran. Eh jangan sebut pengangguran deh, sebut aja jobseeker. Kedengerannya sih sama, tapi kalau pengangguran mah maknanya ga ngelakuin apa-apa, nah kalau jobseeker mah suka nyari-nyari kerja. Istilahnya agamisnya sih ikhtiar. Dua kata ini serupa tapi beda, maknanya saya kutip dari film “Alangkah Lucunya (Negeri Ini)” besutan sutradara senior yang sekarang jadi wakil gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.

Film yang dibikin tahun 2010an ini (kalau ga salah), nampar banget sama siklus kehidupan saya sekarang. Kerjanya mondar-mandir bawa cv. Di film itu yang maennya aa ganteng Reza Rahadian. Ada suatu scene dimana dia lagi susah payah cari kerja, dia malah nemuin anak-anak kecil yang bikin ‘mata rantai’ untuk nyopet.

Si Reza ini kira-kira bilang “enak banget nyopet, sementara orang lain susah cari uang. Itu nyidir gue tau?! Lagian kenapa ga minta baik-baik aja sih?”.
Lalu si pencopet cilik bilang, “lah, saya kan pencopet bang, bukan tukang minta-minta?!”

***

Dari penggalan film barusan juga, saya jadi keinget hot thread  di kota Bandung belakangan ini. Thread tentang walikota Bandung yang ngajak pengemis untuk pensiun dari professinya sebagai pengemis dan beralih jadi tukang sapu di sekitar jalanan kota Bandung dan walikota ini akan menggaji para tetukang sapu ini dengan upah Rp 700.000,- /bulan, sesuai dengan gaji pembantu rumah tangga pemula. Eh dasar buaya buntung, mereka malah nuntut gaji 10 juta. MUKEGILEEEEE!

Setelah ditelusuri lebih jauh, ‘profesi’ sebagai pengemis ini emang bukan main-main. Angka ratusan ribu siap mereka panen setiap harinya. Ya meski dalam bentuk receh, disalah satu akun jejaring sosial saya pernah baca kalau uang-uang receh itu mereka tukar ke toko grosiran untuk jadi pecahan puluhan ribu. Ada juga yang uangnya masih dalam bentuk recehan, biasanya disimpen di kresek hitam biar ga mencurigakan. Eh malah beberapa hari yang lalu saya baca di salah satu portal media online. Ceritanya lagi ada razia gepeng gitu. Ada satu orang ibu-ibu paruh baya bawa-bawa keresek uang recehan, senilai 2,3 juta. DUA KOMA TIGA JUTA MEEEEEEEN!

Itu sih ngalahin gaji guru honorer. Ebuseeet -____-

***

 Yap, dari kutipan film dan berita pengemis yang nuntut uang 10juta itu saya mikir. Emang di dunia ini uang tu penting banget ya? Penting ga penting sih.

Penting, karena ga bisa disangkal uang emang kebutuhan primer manusia untuk bertahan dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Makan, sekolah, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya pasti butuh uang. Kalau punya banyak uang juga kita bisa ibadah, bisa sedekah, bahkan bisa naik haji.

Ga penting, karena money can’t buy happiness. Iya, bahagia emang ga bisa dibeli pake uang. Uang mungkin sifatnya sementara dan pasti bakal habis. Sedang bahagia, bahagia ga akan pernah habis dan bahagia adalah salah satu aspek terpenting dari kebutuhan rohani lalu bersinabung ke jasmani.

Tapi kalau bahas uang, faedah utama yang harus dicari adalah nilai keberkahan. Kalau pengen kaya sih gampang, pake baju kucel, pake perban ditangan atau kepala terus pake betadin. Eh iya bisa juga tuh bawa bayi sewaan dan biar anteng dicekokin obat tidur, dan siap pasang tampang sememelas mungkin. Pluk! Gelas pop mie yang dipakai untuk nadah uang pun ‘sah’ terisi. Tapi apa harus gitu?

Sakit jiwa.

Ya, banyak orang yang emang udah sakit jiwa.

Kembali ke jobseeker. Mungkin cari kerja emang susah, banyak denger dari kakak-kakak yang udah mapan juga mereka jatuh bangun nyari kerja berbulan-bulan, bertahun-tahun, sampe akhirnya mereka nemuin pekerjaan yang bener-bener klop. Kalem we da hirup mah peurih.

Suatu prinsip yang bisa dijalankan, dari buku ustad Yusuf Mansur yang saya baca, niatin aja cari kerja itu ibadah. Terus rezeki yang kita punya sekarang pake juga untuk sedekah. Niatin, kalau udah dapet kerja kita bakalan sedekah, punya niat misalnya ingin bisa qurban, sekolahin adik, dll yang sifatnya positif. Tambahin juga ibadah dhuha, tahjud, ngaji, dan amalan-amalan lainnya.

Semoga rezeki yang kita dapat selalu punya nilai keberkahan dan punya nilai manfaat.

YOSH, Semangat ya para jobseeker!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar