Sabtu, 19 Oktober 2013

Bongkar Lemari Lalu Kepikiran Bikin Ini...

Disela-sela kesibukan saya sebagai pengacara, lagi-lagi saya mainin jarum sama benang. Mungkin sejak SMP di sekolah saya diajarin mata pelajaran Tata Busana kali ya, jadi saya lumayan suka sama dunia kecos-mengkecos. Sering iseng bikin boneka atau bros-brosan dari kain flannel. Ya, meski akhirnya masih belum terlalu rapih dan masih acak-acakan. HAHHAHAHA…

Baiklah, dikesempatan yang berbahagia ini (aela, kaya pidato aje –“) saya mau sedikit share keisengan saya kalau ga ada kerjaan. Bukan dari flannel sih, pas bikin bros-brosan dari flannel lupa diabadikan #halah, yang dari flanel mah nyusul aja ya. Jadi kali ini mah saya mau share tentang bikin bros dari baju yang udah ga kepake aja ya.

Nah, di lemari kamu pasti ada satu atau beberapa baju yang udah ga muat atau ga kepake. Bisa tuh kamu kreasiin, kaya yang satu ini. Bikin “bros bunga dari aju yang udah ga kepake”.


Siapkan alat dan bahan:
  1. kain dari baju bekas
  2. gunting
  3. pensil
  4. solatip (untuk bikin pola lingkaran, bisa juga pake gelas, kepingan cd *tapi cd yg kecil ya* atau apapun yg bentuknya lingkaran)
  5. jarum + benang
  6. lem
  7. peniti bros

Langkah membuat:

  1. Bentuk pola lingkaran pada kain dengan menggunakan solatip, lalu gunting.
  2. Karena ini mau membuat bunga, jadi bikin 5 pola lingkaran yaa
  3. Guntingan kain yang berbentuk lingkaran tadi dilipat hingga membentuk setengah lingkaran, kemudian lipat lagi hingga membentuk kerucut.
  4. Jahit jelujur ada bagian kain yang ‘rawing’ atau bekas guntingan tadi (lihat pada gambar), lalu tarik hingga membentuk seperti kelopak bunga melati
  5. Lakukan hal yang sama pada kain yang lainnya (sampe 5 kain). Buat hingga mengkerut sampai membentuk bunga seperti pada gambar.
  6. Matikan benang.

Ada dua jenis kelopak. Ada yang berbentuk menyiku dan ada yang berbentuk tumpul, jadi kelopaknya setengah lingkaran. Nah kan yang tadi dilipatnya dua kali sampai membuat kerucut, nah, kalau mau membuat pola yang tumpul, guntingan kain yang tadi dilipet satu kali aja sampai membentuk setengah lingkaran, lalu jelujur kaya gambar di bawah.


Nah, tinggal bikin toppingnya alias bagian tengahnya. Kalian bisa pake kancing dari baju tadi, atau mau pake kancing yang bermata empat juga bagus, bisa juga pake hiasan-hiasan bunga dari pita-pita yang banyak dijual di pasaran. Berhubung ini dari baju kemeja, jadi saya tempelin aja pake kancing kemeja plus peniti bros dibelakangnya. Daaan taraaaa~ jadi deh.



Selamat mecoba J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar