Sabtu, 18 Juni 2011

Hidup itu Antara: Ngangguk-ngangguk vs Geleng-geleng

Telinga kita mungkin akrab banget dengan slogan ”Hidup itu pilihan”. Yupyupyup… setiap harinya kita dihadapkan dengan berbagai pilihan, kita ambil contoh sederhana aja nih ya, pilih mandi pagi atau engga. Konsekuensinya kalau mandi pagi pasti kerasa dingin banget dan kayanya lebih enak selimutan di kamar daripada mandi. Tapi keuntungannya badan kita nanti jadi seger dan ngantuknya ilang. Kalau ga mandi ya konsekuensinya badan ga enak tapi seenggaknya bisa ngehindar dari hunusan pedang ‘kedinginan pagi’  yang luar biasa.



Itu contoh sederhananya, contoh yang agak sedikit complicated-nya gini: di liburan semester genap ini jurusan ngasih kesempatan pendaftaran SP untuk memperingkas masa studi kuliah jadi lebih cepet. Tau kan SP itu singkatan dari “Semester Padat”, yuhuuuuuu judulnya aja udah ‘padat’, pasti materi-materinya juga padet banget karena kuliah yang biasanya materi itu kita pelajari selama kurang lebih 4 bulan, harus kita telen mentah-mentah dalam rentang waktu kurang dari 2 bulan. WOW betapa tidak olabnya kita dengan pemadatan ini. Untuk beberapa mata kuliah mungkin bisa kit atasi, nah gimana kalau matakuliahnya yang dijalani selama satu semester aja udah keteteran dan pusing, apalagi untuk rentang waktu pemadatan selama 2 bulan? Siap-siap aja tu otak meledak.

Contoh cukup complicated selanjutnya adalah target. Jadi gini, misalnya kamu menargetkan dalam satu tahun ini kamu ikut kursus keterampilan yang sebenernya niatnya udah lama banget, tapi belum sempet kesampaian. Nah, disaat waktu untuk ikut kursus itu ada, kamu dihadapkan dengan pilihan untuk memperingkas waktu studi kamu jadi lebih cepet. Disisi lain kamu ingin ngembangin potensi diri kamu atau mungkin ingin cari kesibukan lain selain beban tuntutan akademik yang mulai bikin jenuh dan bikin mata semakin bertambah minusnya.

Oke, ini sih curhat colongan. Oke. Oke. Oke. Singkatnya gini deh:
1.      Semester Padat
Keuntungan:
·         masa studi kuliah lebih cepet,
·         semester depan bisa lebih santai
·         bisa cepet-cepet wisuda
Konsekuensinya:
·         materinya dipadetin banget dari 4 bulan jadi 2 bulan, sukur-sukur kalau ngerti, apa jadinya kalau ga ngerti dan dapet nilai C terus gak ada kata remedial sampai akhirnya harus ngontrak ulang di semester reguler?

2.      Kursus keterampilan
Keuntungan:
·         Tambah pengalaman
·         Punya keahlian baru
·         Suatu saat bisa dikembangin dan jadi wirausahawan
·         Punya jaringan baru karena banyak ketemu sama orang-orang baru

Konsekuensinya:
·         Milih ikut kursus dan ga ikut Sp mungkin agak sedikit ketinggalan dari temen-temen yang lain, dan mungkin misah dari temen deket yang ikut SP (ga sekelas di beberapa matakuliah)

WOHOOOOOOOOOOOOO o yang nana o yang mana, aku suka. Aku bingung aku bingung, mau yang mana, pilih ini pilih itu, ngibuuuuuuuuuung merangkap bimbang yuhdhonono sekaligus bimbang trihatmmojo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar