Minggu, 19 Juni 2011

Konspirasi Kuning

Akan ada saatnya bangun dari tidur panjang yang jejak terjaganya masih disembunyikan Tuhan. Mimpi ini terlalu aneh, semuanya terlalu magis. Wujudku yang lain masih sibuk berlarian dengan realita. Melawan sekat yang memisahkan antara bayang, nyata, dan ilusi masih terlalu kokoh untuk bisa dibobrokan. Tenagaku kalah jauh kuat dibanding dengan gladiator-gladiator Romawi berlengan besi. Bayang ini berhasil menculikku menjauh dari dunia yang seharusnya kutapaki, semua ini hanya ilusi. Ya… ilusi, namanya sekat ilusi.


Entah ada konspirasi apa antara bayangan ini dengan seseorang yang entah siapa namanya yang selalu bersembunyi diantara sekian banyak nama dan selalu nama itu yang unjuk diri setiap harinya, setiap jam dan setiap waktunya. Tempatku kini berpijak sangat tidak kentara, dunia ini tak mengenal akal sehat.

Jengah ini sudah terktivasi sejak lama, tapi hanya disembunyikan dengan simpul senyum tanpa arti. Orang bilang ini namanya senyum tanya. Segelas susu hangat seperti yang kau tawarkan kemarin rasanya masih sama. Hambar. Meski ku bilang padamu ini rasanya sungguh manis. Biar hanya aku, Tuhan dan gelas bening ini yang tahu kalau tengah berbohong. Kebohongan gigantis yang mungkin tak akan pernah diketahui selain 3 dzat ini.

***

Alam akan selalu tahu untuk apa dunia berbentuk bulat, rerumputan berwarna hijau dan udara tak akan pernah bisa disentuh, tapi di rasakan. Jangan sesekali mempertanyakan karena sudah arbitrer; tak ada alasan mengapa bentuknya demikan, aromanya demikian, warnanya demikian dan jutaan demikian lainnya. Biar alamlah yang tahu alasannya.

Seperti aku. Aku punya berjuta alasan mengapa memilih seperti ini. Selalu mengaggungkan teori bodoh yang tak pernah ada pembuktian. Teori kalau merah dicampur hitam akan menghasilkan kuning. Itu mustahi. Dimana-mana hitam adalah warna mutlak. Meski merah 1 berbanding 100 dengan hitam, akan tetap mustahil karena hitam adalah warna pekat dan warna mutlak. Hitam dicampur biru atau putih pun mustahil akan ada kuning.

Seperti kuning, kuning adalah warna mutlak. Kuning bukan hasil dari berbagai konspirasi warna. Kuning adalah warna mandiri dan kuning bisa berkonspirasi dengan zat warna lainnya hingga terlahir beberapa varian warna sebut saja oranye dan hijau. Biarkan saja tetap kuning. Kuning varian Spongebob Squarepants. 

2 komentar:

  1. bahasanya terlalu berat dan puitis, ato sy yg gak ngerti sastra ini teh.hahaha. gak nangkep sepenuhnya maksudnya apa mer.. but nice share :D

    BalasHapus