Senin, 03 Januari 2011

Kejayaan Sinetron di Era 90an Sampai Awal 2000an

Jaman sekarang tuh ya, acara tv udah pada monoton, apalagi yang namanya sinetron, wuuuh.. ga ada tuh istilah dijaman sekarang satu judul sinetron tayang seminggu sekali. Sekarang sih jaman-jamannya sinetron striping yang ceritanya itu ga bakalan jauh dari kutuker anak, terus waktu si anak udah mau tau identitas orang tuanya, pasti aja ada acara “awaaaaaaaaaas?” atau “apaaaaaaaa?!” yang berujung pada tabrakan, terus hilang ingatan. Bosen banget kan cerita yang gitu-gitu mulu.

Coba kita liat sinetron jaman dulu, tayangnya tuh pasti seminggu sekali dan emang ga terlalu monoton ceritanya, yah.. masih ada unsur pendidikannya juga lah. Kalau diinget-inget lucu juga nih 10 sinetron jaman dulu yang pasti ditunggu tiap minggunya. Lets cekidooooot:

1. Tuyul dan Mbak Yul

Sinetron ini tuh nyeritain tentang si Ucil yang di ‘DO’ dari dunia pertuyulan karena si Ucil ini dianggap melenceng dari kodratnya sebagai tuyul. Si Ucil ini (diperankan oleh Ony Syahrial) berteman baik ssama manusia yang namanya mbak Yul (diperankan Dominique Sandra). Ucil ini sering dikejar-kejar sama algojo tuyul yang namanya si bos (lupa nama utamanya apa) yang pasti berdua tuh sama si Samson, nah kalo si Ucil udah dikejar-kejar sama dua tuyul jahat ini, si Ucil pasti lapor sama si Kentung, jin penghuni pantai yang tinggi besar, perutnya buncit dan punya senjata pamungkas yaitu dia bisa ngeluarin api dari mulutnya dan setiap kali dua tuyul ini mau nangkep si ucil pasti selalu gagal dan pasti mereka bilang “gagal maning, gagal maning...”

2. jin dan Jun

Ini cerita tentang si Jun yang punya piaraan jin, dia punya botol kaya botol yang suka ada di lab kimia gitu teh, tiap digosok itu jin keluar dan katanya jin ini daari timur tengah loh..

3. Jinny Oh Jinny

Bagus, seorang laki-laki yang berekrja di sebuah perusahaan mutiara, kerja di perusahaan mutiara otmatis berhubungan dengan kerang kan? Nah, si Jinny itu jin cantik nan seksi penghuni kerang yang dibawa si bagus. Jinny sering banget tuh bantuin si Bagus sama temennya yang agak ‘dodol’, si Jaka.

4. Tersayang

Sinetron ini bisa dibilang sensasional. Kenapa? Karena gara-gara sinetron ini, semua anak-anak yang nonton dari anak SD sampe anak SMA pasti lagi pada keranjingan sama Topi tersayang ini, inget ga? Ni topi tuh topibiasa, cuma bermodalkan gambar dua tangan yang ceritanya si tangan satu mau ngasihin bunga mawar ke tangan yang satunya lagi. OH MY GOD! Dan saya pun termasuk si anak SD yang minta dibeliin topi ini sama mama saya, waktu itu trend warna topinya tuh warna pink, merah, sama biru tua.

5. Nokta Merah Perkawinan

Ini bisa dibilang sinetron lawasnya ibu-ibu, yang mainnya tuh kaloga salah Cok Simbara. Meskipun ini sinetron genrenya ibu-ibu tapi seru loh. Intinya sih nyeritain konflik intern keluarga dan ga jauh-jauh juga sih dari perebutan harta dan hak asuh anak >,<

6. Siapa Takut Jatuh Cinta

Ni sinetron bisa dibilang plagiat dari sinetron mandarin Meteor Garden yang nyeritain seorang cewe dari keluarga kurang mampu yang sekolah di kampus yang super duper necis abis. Cewek ini namanya Oni, dia dibenci sama ANAK PEMILIK YAYASAN KAMPUS tempat kia kuliah. Klise banget sih ceritanya dari musuh, baikan terus jadi cinta, zzzzzzzz.... pokoknya Metor Garden Abeeeeeeeeez.

7. Bidadari

Marshanda yang jadi tokoh utama. Ceritanya tuh si Lala (diperankan Marshanda) punya ibu tiri, papanya nikah sama ibu-ibu yang bisa dibilang galak dan punya anak laki-laaki yang gendut danjail, namanya Bombom. Karena si Lala ini sering banget di jahatin sama kakak dan ibu tirinya, si Lala ini punya pelindung dikala bokapnya ga ada dirumah, ya... ibu Peri, awalnya si ibu peri ini di perankan sama Ayu Azhari terus digantiin deh sama Marini Zumarnis. Sebenernya sinetron ini tuh sarat banget sama nilai sosial dan pendidikan, tapi semenjak si Lala masuk SMP yang jahatnya jadi nambah satu tuh si Jessica yang punya peri Jahat namanya Ratu Ayu, dan kesonohnya ni sinetron jadi masalah cinta ABG labil deh.

8. Anak Ajaib

Yups.. kalo denger anak ajaib pasti langsung inget aja noh sama si Joshua ‘cicicuit’. Ceritanya itu si Tomy (diperankan Joshua Suherman) ini seorang robot yang diciptain sama papahnya si Tomi yang kebetulan seorang profesor. Persisnya cerita ini gimana saya juga lupa lagi, hehehe...

9. Tersanjung

Nah ini dia kiblat utama sinetron indonesia: ga tamat-tamat, dijahatin, tabrakan, hilang ingatan, taabrakan lagi, operasi pelastik. Hem.. yang kaya begininih sinetron yang gamapang banget ditebak dan pasti monoton, kalo diinget-inget lagi katanya ni sinetron tuh nyampe Tersanjung 8 yang kayanya nih sekarang mau diikutin jejaknya ama si Cinta Fitri. Hadeuuuuuuuh.....

10. Panji: Manusia Milenium

Sumpah! Nulis bagian ini ggue ngakak banget kalo inget si Primus Yustisio yang sekarang jadi anggota DPR maen sinetron yang ceritanya manusia super yang jadi pahlawan, bisa terbang dan mirip-mirip sama ‘supermen Indonesia’. Hahaha bajunya kalo ga salah warna kostumnya tuh item ama silver deh. Yah.. sinetron ini kalo ga salah munculnya diawal tahun 2000 banget yang waktu itu lagi gembar-gembornya tahun 2000 tuh taun milenium,makanya si panji dinamain manusia milenium.

2 komentar:

  1. hahahah bener euy klassik!
    jangan lupa yang theme songnya
    "anak betawiiiiiiii ketinggalan jamaaaaaaaaaaan..."
    hahahaha

    BalasHapus
  2. hmm bner bgd tuh..mau tau ga alsn cnta fitri pndah ke indosiar? klik ney http://goo.gl/BUqxl

    BalasHapus