Senin, 31 Januari 2011

Tips Mencegah Insomnia


Tidur yang nyenyak adalah kebiasaan yang sangat baik. Banyak keuntungan yang didapat bagi tubuh jika kita bisa cukup tidur dalam satu hari. Namun, hal ini tidak mudah bagi mereka yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia.
Insomnia adalah salah satu jenis gangguan tidur yang mana penderitanya gagal untuk bisa tertidur nyenyak setiap malam. Bila insomnia berlangsung lama, masalah kesehatan pun akan bermunculan satu per satu.
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melawan insomnia:
  1. Cobalah untuk berangkat tidur dan bangun di pagi hari pada jam yang sama setiap hari termasuk hari libur.
  2. Usahakan untuk tidak tidur siang karena tidur siang membuat tidur malam anda sedikit.
  3. Hindari kafein, nikotin dan alkohol sesaat menjelang tidur. Kafein dan nikotin merupakan stimulan yang membuat   anda selalu terjaga sedangkan alkohol menganggu kualitas tidur atau malam malam sering terjaga sendiri.
  4. Berolahragalah secara rutin. Jangan berolah raga mendekati waktu tidur. Para ahli menyarankan untuk tidak berolah raga sekurangnya 3 jam sebelum tidur.
  5. Hindari mengkonsumsi makan malam terlalu banyak. Makanan ringan menjelang tidur dapat membantu anda agar bisa tertidur.
  6. Buatlah kamar tidur anda senyaman mungkin. Pastikan suasana kamar tidur cukup gelap, tidak bising dan tidak terlalu panas atau dingin.
  7. Lakukanlah sesuatu yang membuat anda nyaman sebelum tidur misalnya membaca buku, mendengarkan musik atau mandi.
  8. Hindari menggunakan tempat tidur untuk hal hal lain selain tidur dan berhubungan intim.
  9. Jika anda susah terlelap, bangkitlah dan baca atau lakukan sesuatu sampai anda mengantuk.
  10. Untuk menghindari anda berbaring di tempat tidur dan memikirkan sesuatu, cobalah menulis daftar pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum tidur sehingga saat waktu tidur anda tidak memikirkannya lagi.
Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. kalau karena suka kerja malem trus sekarang ga kerja malem gimane tuh?

    BalasHapus