Selasa, 17 Mei 2011

Penangkal Jenuh ala Merindush

Sering ngerasa jenuh?? Oh itu jelas, meski hal ini manusiawi, tapi kejenuhan biasanya sering (banget) dialami mahasiswa seperti saya ini #corcol, ya... maklum lah anak kuliahan ga akan jauh dari yang namanya *ehm* tugas kuliah. Dalam satu minggu ga menutup kemungkinan dituntut untuk ngerjain 2-3 makalah ataupun laporan. Makanya juga, ga jarang mahasiswa sekarang kacamata minusnya pada tebel-tebel *aduh...paralun Gustiiii*.
  

Ngomongin kejenuhan, kalau saya sih ada beberapa alternatif ngatasin kejenuhan. Kalau lagi jenuh biasanya saya ngelakuin hal-hal kaya dibawah ini yang mungkin bisa dipraktekin dan cuco’ sama ente-ente pada, mari cekidots:
  1. kalau jenuh atau lagi ga pararuguh perasaan, tempat yang pertama ada dipikiran saya adalah toko buku. Yup....entahlah, dari dulu saya emang seneng pergi ke toko buku cuma untuk sekedar liat-liat gambar doang atau keliling-keliling ga jelas. Biasanya sih kalau ke toko buku, buku yang saya cari tuh ga akan jauh dari buku yang isinya “bodor”, buku tentang kepribadian, buku kreasi apapun, novel-novel lokal, kadang juga suka mampir ke buku agama, yang penting sih nyari buku yang bacaannya ringan dan bahasanya ga kaku ataupun TEORITIS. Punya atau ga punya duit, tempat ini udah juara banget jadi pelarian saya.
  2. pilihan kedua adalah beberes rumah atau kosan. Sebenernya kalau jenuh merujuk ke kesel sih ngerjain ini, tapi ya dari pada harus ada barang atau orang yang jadi sasaran amukan saya, ya mending tenaganya bisa dipake buat bersih-bersih. Nyikat kamar mandi jadi pilihan utama dari pada nyapu atau ngepel ataupun nyetrika. Kenapa? Karena dengan nyikat kamar mandi emosinya tersalurkan dengan sikat menyiat, huahahahhahahah *ketawa sambil melak cangkeng* (berkaca pinggang.red)
  3. Next hal yang saya lakuin yaitu jalan-jalan sendiri. Udah jadi rahasia umum kalau saya sering ngautis sendiri. Meski kedengerannya ngebetein, tapi buat saya jalan-jalan sendiri kadang bisa ngembaliin mood saya yang lagi kacau balau (tambah galau). Pernah nih ya pulang ngampus lagi badmood berat, saya jalan kaki sendirian dari gramedia jl.Merdeka sampe ke perempatan SMP 5 Bandung. Atau yang paling ekstrim kalau lagi bawa kendaraan, bawa aja gitu gatau arah, tau-tau udah nya Pangalengan. Gila? Emang, ngilangin badmood sama gila emang beda tipis #ngaco
  4. sms-in orang-orang juga bisa jadi alternatif, meskipun sms ga nyambung, capruk dan sms yang ngebodor dengan ‘maksa’ ya tapi seenggaknya ada yang mau dengerin keluh-kesah kita, mau ngehibur atau mungkin sekedar denger tanggapan iya iya dan iya, yang penting diwaro. (singkatnya poin ini disebut sesi curhat).
  5. nge-net. Buka jejaring sosial semacam facebook, twitter, koprol, plurk, my space atau sejenisnya. Ngebanjirin beranda, timeline atau apapun itu dengan status-status abal-abal yang ga nampik emang rasanya plong kalau udah bikin status-status. Realita sekarang sih kaya gitu dan kayanya kalau ditanya “kenapa?” sama orang jawabannya ga akan jauh dari ya gitu deh, biasaaa, kesel nih atau sejenisnya, tapi yang paling frontal sih langusung curhal ditempat (jejaring sosial.red
  6.  Buka laptop, pilih microsoft word dan mulai numpahin segalanya disana, simpen di folder yang udah didumpel-dumpel sama 10 folder sebelumnya istilahnya dari kotak masuk kotak masuk kotak lagi, masuk kotak lagi dan seterusnya atau yang lebih simpel sih ambil catetan atau kertas, tulis-tulis, entah itu mau marah-marah, ngumpat, bikin puisi, nge-narasiin perasaan yang penting ditulisin. Tapi someday kalau dibaca lagi suka geleuh dan kertas itu dijadiin bola kusut dan berakhir pada tempat sampah #ouch.
  7.  ini cara yang paling pamungkas buat saya. Kalau jenuh dan badmood-nya udah tingkat jendral, saya biasanya ceurik tapi gak mau ada yang dengerin (disertai dengan gejala ngomong sendiri), jadi aja ceurik di bawah bantal sambil ngunci kamar. Tapi kalau udah ceurik ga ilang-ilang saya biasanya ngaji atau istigfar. Cara paling pamungkas banget sih ini mah dan ampuh banget dengan berujung dengan tidur panjaaaaaaaaaaaaaang.


Bentar.... tulisan ini ngomongin jenuh atau badmood sih? Hmmm... buat saya jenuh sama badmood cuma beda tingkatan sedikiiiiiiiiiiiiiit banget jadi ya mendekati sama #agakmaksa. Well... itu dia hal-hal yang saya lakuin kalau mood saya lagi amburadul atau kalau lagi jenuh atau bahasa kerennya rarungsing. Semoga bermanfaat ya merindushers =D

1 komentar: